Subscribe:

Senin, 04 Februari 2013

Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Assalamu'alaikum...
Agen26 melaporkan dari lapangan SD Panggung 8..

Hari ini (senin 040213) Sinta bersama Bu Cik Nadia, Bu Cik Siti M dan Pak Cik Tutut (dua member terakhir dari kelas tetangga) mendarat dengan manis di parkiran SD Panggung 8 Kota Tegal. Melewati lautan anak-anak kecil berseragam putih-merah, aduh, mereka lucu.... tapi kita kayak dirubung dan diikutin sampe ke ruang Kepsek.

Di ruang Kepsek, kami disambut senyum hangat Ibu Kepala sekolah Bu Nuryati, S.Pd...
Beliau menanyakan kabar dan Kami yang kemarin mudik (Sinta n Tutut. red) dan menerangkan sekilas tips mengajar anak SD sambil berpesan:
~mengajar pramuka khususnya siaga itu:
1. Disiplin waktu
2. Buat supaya mereka tertarik
3. Menyenangkan
4. Akrab dengan mereka

Dan kami bertemu dengan pembina Pramuka Putri, Kak Endang.. kami diajak ke Lab. di Lantai atas.
Di sekitar tangga, kami disambut anak-anak SD,
"Bu, ada Bu Guru Baru ya?" tanya salah seorang murid bernama Riawan ke Kak Endang.
"Iya ini" Kata Kak Endang dengan senyum diiringi senyum simpul kami berempat. Rasanya seperti disambut hangat dengan SD ini. Bahkan tangan kami dicium oleh mereka... Suatu penghargaan luar biasa.

Sampai di Lab, kami melihat meja yang bundar beserta lipatan kertas warna-warni menggunung. dan anak-anak kecil berseragam putih-putih, ternyata mereka baru saja bertugas di acara upacara bendera tadi pagi.

Shinyoung segera memperkenalkan kami,, dan menanyakan nama-nama anak-anak disana. kira-kira begini kata-kata perkenalan kami. "Assalamu'alaikum.. anak-anak, kami dari Unnes akan membantu Kak Endang sebagai pembina Pramuka di SD ini, untuk mendampingi kalian selama latihan dan persiapan Pesta Siaga nanti. Salam kenal,,, : ), yak, kita akan berkenalan satu-satu, dari sebelah paling kanan, ada Pak Cik Tutut, Bu Cik Nadia, Bu Cik Siti dan saya Bu Cik Sinta.., Nah, kami kan sudah memperkenalkan nama ya.. sekarang giliran kalian.. "
 (Tips, buatlah kesan bahwa kita ramah dan menyenangkan ketika menyapa mereka, gunakan suara yang agak keras supaya bisa terdengar seantero kelas)

Bimbingan dimulai, kami diberi Kak Endang beberapa alat peraga seluruh materi yang akan diajarkan (Alhamdulillah... gak perlu persiapan sendiri) diiringi Seorang guru yang membawa nampan gorengan dan Es teh, (yummmyyy... :-P)
Kak Endang sangat penuh dengan emosi, beliau menegur dengan keras terhadap anak didik yang bersuara lirih.

Kami mengajarkan materi Kelengkapan Baju Pramuka. Dan, semua siswa sudah diberi hard copy keterangan. Sementara Kak Tolib (Pendamping Putra) menyiapkan standstik dan dipakaikan untuk selanjutnya dipasangi tanda-tanda kecakapan oleh masing-masing anak.

satu hal yang membuat Sinta terkesan adalah saat ada yang menyeletuk "Bu, Eh, Kak, Eh, Tante Cantik... " sambil menghampiri untuk menanyakan sesuatu. Sinta kaget, "Hey, apa tadi?" dan dia menjawab dengan polosnya "Tante Cantik" sambil berbisik... Sinta tertawa dan menjelaskan pada semua untuk cukup memanggil kami Bu Cik atau Pak Cik..

Rencana Tindak Lanjut hari pertama berjalan dengan Sukses... Kami menarik nafas lega... fiuft...

to be continued :-)



0 komentar:

Poskan Komentar